Macaseo.com - Kemajuan teknologi pada zaman ini mampu memberikan bantuan kepada banyak individu dalam menyelesaikan tugas-tugas spesifik. Salah satu contohnya adalah penggunaan printer nirkabel yang sangat membantu dalam menyelesaikan tugas tepat waktu karena kemudahan, kesederhanaan, dan kecepatannya. Tidak hanya itu, Handphone Android yang kita miliki juga dapat digunakan untuk mencetak dokumen melalui USB, koneksi Wifi, atau Bluetooth, tanpa ada keterbatasan.

Pernahkah kamu mempertimbangkan bahwa selain menggunakan smartphone kamu, berbagai perangkat elektronik yang kamu gunakan sekarang dapat dengan mudah mencetak tanpa perlu kabel atau alat bantu lainnya, bahkan bisa melakukan cetak jarak jauh. Sebelum mengetahui hal ini, kamu mungkin berpikir bahwa langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menginstal printer atau driver yang akan digunakan untuk laptop atau komputer kamu.

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menemukan driver, maka kamu akan kesulitan untuk mencetak dokumen karena harus mengunduh driver tersebut terlebih dahulu dari internet. Cukup rumit, ya. Namun, jangan khawatir karena dengan adanya printer nirkabel saat ini, hal-hal tersebut tidak akan menjadi masalah lagi. Bagaimana mungkin itu terjadi? Tentu saja, karena kamu hanya perlu koneksi WiFi untuk mencetak dokumen atau file dari jarak jauh tanpa perlu menyambungkan atau mencabut kabel USB dari perangkat elektronik kamu ke printer. Gimana, menarik kan?

Kamu dapat dengan mudah mencetak berbagai jenis dokumen mulai dari file-file yang berformat Ms Office, PDF, JPG, halaman web, dan sebagainya. Metode ini juga memenuhi kebutuhan kamu dalam mencetak dengan berbagai merek printer populer yang mendukung berbagi melalui koneksi Wifi atau LAN, seperti Printer Canon, Epson, Brother, Dell, Lexmark, Fuji Xerox, dan lain-lain. Untuk informasi lebih lanjut, silakan simak penjelasan lengkap tentang cara mudah mencetak tanpa menggunakan kabel USB di bawah ini:

Cara Ngeprint menggunakan Wifi tanpa Kabel

Cara ngePrint menggunakan WIFI tanpa Kabel
macaseo.com

1. Menyalakan Akses Koneksi Wifi melalui Printer dan Laptop Kamu

Pastikan kamu memiliki printer nirkabel dan laptop yang mampu terhubung ke sinyal Wifi dari perangkat lain. Kemudian, hidupkanlah koneksi Wifi dari Printer Nirkabel tersebut dan juga perangkat yang sedang kamu gunakan, seperti Laptop atau Komputer.

2. Atur Setting untuk terhubung ke printer wireless

Langkah pertama adalah membuka windows dan kemudian memilih opsi "Devices And Printers". Setelah itu, pilih opsi "Add Printer". Kamu dapat melakukan proses ini dengan mudah, cukup klik "Add a network, wireless or Bluetooth Printer". Setelah itu, pencarian untuk menemukan printer nirkabel akan dimulai.

3. Memilih Wireless yang ingin anda gunakan

Setelah dideteksi, nama Wireless printer yang sudah aktif akan muncul, kamu dapat memilih printer nirkabel yang kamu miliki atau yang ingin kamu gunakan. Setelah itu, printer nirkabel akan terhubung dengan perangkat elektronik kamu, kemudian kamu dapat memilih opsi "Finish".

4. Lakukan Uji Coba Mencetak

Untuk mengetahui apakah koneksi nirkabel antara kedua perangkat itu sukses atau tidak, kamu dapat mencoba mencetak uji coba pada kertas yang sudah tidak terpakai untuk mengurangi pemborosan kertas jika ada masalah. Jika metode ini berhasil, maka kamu telah berhasil mengonfigurasi koneksi nirkabel printer pada perangkat laptop kamu. Jika tidak berhasil, coba periksa kembali IP Printer Wireless kamu.

Akhir Kata

Penjelasan di atas adalah tahap demi tahap mengeprint yang lebih sederhana tanpa perlu menggunakan kabel atau USB. Produk Printer Wireless sangat berguna dan mempermudah kinerja kita, terutama ketika digunakan bersama dengan keyboard dan mouse nirkabel. Ini dapat meningkatkan efisiensi kerja kita secara keseluruhan. Dengan penggunaan perangkat canggih ini, segala sesuatu menjadi lebih sederhana, nyaman, dan terorganisir tanpa banyak kabel yang terlihat berantakan. Jangan lupa juga ada Cara Mengatasi Overheating pada Laptop Gaming yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat!