macaseo.com - Masalah yang sering kali terjadi adalah responsifnya aplikasi yang lambat dan performa Android yang terasa lambat. Hal ini seringkali kita alami. Tidaklah secara tidak beralasan, sebenarnya terdapat alasan mengapa aplikasi tidak dapat dibuka. Karena itu, sebelum atau setelah menghadapi situasi ini, penting untuk mengetahui cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah.

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk memahami penyebabnya agar dapat memperbaikinya secara efektif dari akarnya. Oleh karena itu, kamu perlu mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang menyebabkan masalah tersebut. Setelah mengetahui permasalahan yang ada, langkah pencegahan dan penanganan lebih lanjut harus segera diambil agar aplikasi dapat kembali dibuka dan berjalan dengan lancar seperti biasanya.

Banyak aplikasi Android tidak merespons karena HP Smartphone tidak memiliki spesifikasi yang memadai untuk mendukung software tersebut saat dijalankan. Hal ini merupakan salah satu penyebab yang paling umum terjadi. Contohnya, karena aplikasi terlalu memakan sumber daya atau RAM Android tidak cukup untuk menjalankannya. Mungkin aplikasi masih dapat diakses, tetapi dapat menyebabkan penurunan kinerja atau bahkan secara otomatis menutup.

Ketika mengalami situasi seperti itu, kita mungkin merasa frustrasi, terutama jika kita membutuhkan aplikasi tersebut dengan sangat penting. Kamu tidak perlu cemas, macaseo.com akan memberikan panduan tentang bagaimana mengatasi masalah aplikasi yang tidak merespons pada informasi berikut.

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android
macaseo.com

1. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Kadang-kadang aplikasi tidak dapat diakses atau tidak responsif di perangkat kita karena kita masih menggunakan versi aplikasi yang sudah ketinggalan zaman. Iya, beberapa aplikasi terus melakukan perbaruan untuk memberikan fitur-fitur terbaru yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Agar dapat memanfaatkan aplikasi tersebut secara maksimal, kamu harus melakukan pembaruan terlebih dahulu.

Bagaimana caranya mengetahui apakah aplikasi yang kita gunakan sudah diperbarui atau belum. Jika belum, bagaimana cara untuk memperbarui aplikasinya. Sangat sederhana, kamu bisa memulainya dengan pergi ke play Store. Setelah itu, klik opsi tiga titik yang terletak di bagian kiri atas layar.

Kemudian klik "Daftar Aplikasi & Permainan saya". Akhirnya, lalu tekan tombol "Perbarui" pada aplikasi yang sebelumnya sering tidak merespon. Jika kamu melihat tombol "Buka" tanpa adanya tulisan "Update", hal itu menandakan bahwa kamu telah menggunakan versi terbaru dari aplikasi.

2. Mengubah ke Aplikasi Versi Lama

Jika sebelumnya kita telah mengupas tentang bagaimana memperbarui aplikasi ke versi terkini, sekarang kita akan mempelajari cara mengganti penggunaan ke aplikasi versi sebelumnya. Kenapa begitu Langkah ini dapat diambil jika ponsel Android kita tidak kompatibel atau tidak cukup kuat untuk menjalankan versi terbaru dari aplikasi tersebut. Kamu harus menyadari bahwa tidak semua perubahan itu menghasilkan dampak yang baik.

Sayangnya, Android tidak mendukung integrasi untuk mengembalikan perubahan yang telah dilakukan. Mungkin sebaiknya kita mencoba menghapus aplikasi dan menginstal ulang, namun sebaiknya kita juga mempertimbangkan apakah aplikasi tersebut akan secara otomatis terupdate ke versi terbaru.

Kamu dapat mengatasi situasi ini dengan mengunduhnya dari sumber eksternal. Walau demikian, ketika men-download aplikasi dari pihak yang tidak resmi, kamu juga harus waspada akan risikonya dan pastikan mendapatkan dari sumber yang terpercaya. Kita sebaiknya tidak mengambil risiko dengan mengunduh aplikasi dari sumber yang tidak sah. Hal ini tidak dianjurkan untuk dilakukan.

3. Menghapus Chace dan Data dari Aplikasi

Jika kita tidak secara teratur memeriksa dan menghapusnya, sampah dan data aplikasi dapat terakumulasi di perangkat kita. Apakah kamu menyadari bahwa setiap tindakan yang dilakukan dalam aplikasi dapat meninggalkan jejak karena cache menyimpan semua aktivitas yang dilakukan dari aplikasi.

Kamu dapat membersihkan cache dan data yang tidak diperlukan dari aplikasi dengan membuka pengaturannya langsung. Setelah itu, kita beralih ke bagian "Pengelolaan Aplikasi". Kemudian, carilah dan pilih aplikasi yang tidak merespons. Akhirnya, Pilih "Hapus Cache atau Data" opsi. Tidak perlu khawatir, metode ini aman dan tidak akan menghilangkan seluruh data kamu.

Jika kamu mengalami masalah dengan aplikasi media sosial, Gmail, atau aplikasi serupa, pastikan kamu selalu ingat username dan passwordnya. Agar jika akun logout, kamu masih dapat masuk dengan lancar.

4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi

Salah satu metode lain untuk menangani aplikasi yang tidak merespons adalah dengan menghapus aplikasi tersebut dan mengunduhnya kembali. Menginstal ulang akan mengembalikan aplikasi ke pengaturan bawaan dan akan menghapus virus, bug, dan masalah lainnya. Cara menghapus dan menginstal kembali adalah sebagai berikut:

  • Buka bagian “Pengaturan” di HP Android
  • Lalu buka di bagian “Manajemen Aplikasi”
  • Klik “Uninstal” pada aplikasi yang sedang bermasalah
  • Apabila sudah terhapus, kamu bisa menginstal nya kembali ke play Store, lalu cari aplikasi dan instal kembali.

Ada kemungkinan beberapa individu merasa bahwa metode ini terlalu mengganggu karena kita harus menghapus dan mengunduh kembali. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langkah ini sangat efektif karena dapat membersihkan bug dan virus serta mengembalikan pengaturan ke kondisi awal.

5. Restart HP Android

Masalah aplikasi yang not responding juga dapat disebabkan oleh banyak aplikasi yang terus berjalan di latar belakang tanpa kita menyadarinya. Dampaknya, ponsel pintar akan menjadi lambat dan tidak responsif. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, dapat dilakukan dengan melakukan restart atau mematikan serta menyalakan ulang ponsel.

6. Menyetel Ulang ke Pengaturan Pabrik

Kamu dapat mencoba mengatasi masalah not responding pada aplikasi Android di HP kamu dengan melakukan reset ulang ke pengaturan pabrik. Langkah ini dapat menjadi solusi terakhir untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dengan cara lain, kita mengatur ulang semua pengaturan ke keadaan awal seperti saat kita pertama kali membeli perangkat Android tersebut. Nah, Langkah-langkah untuk mereset ke pengaturan awal adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal, buka bagian pengaturan di HP Android
  • Lalu pilih opsi “Reset Perangkat”
  • Kemudian, kamu bisa pilih reset ke Pengaturan pabrik
  • Terakhir, kamu tinggal menunggu hingga prosesnya selesai.

Mengembalikan pengaturan awal pabrik dapat menjadi solusi yang efektif untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak merespons, tetapi perlu diingat bahwa langkah ini akan menghapus semua data yang tersimpan. Sebelum memulai, disarankan untuk membuat salinan dari semua data yang penting sebagai langkah keamanan.

Sekian informasi terbaru mengenai Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di HP Android dengan Mudah. Saran ini mungkin sangat berguna bagi kita. Terlebih lagi jika aplikasi yang kita gunakan di Android diperlukan untuk hal-hal penting seperti tugas sekolah, urusan bisnis, pengelolaan data, dan lain sebagainya. Terima kasih Atas kunjungan kamu ke situs macaseo.com

Jika kamu telah mencoba semua langkah tersebut tetapi belum mendapatkan hasil yang diinginkan. Jangan memperberat pikiran kamu. Dalam situasi ini, kemungkinan besar perangkat kita belum memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang dimaksud. Silakan mencoba menggunakan peranti yang berbeda untuk masuk ke aplikasi tersebut. Semoga bermanfaat!