Macaseo.com - Setiap individu pasti akan mengalami momen ketika mereka menikah dan membentuk keluarga sendiri, yang berarti berpisah dari orang tua. Bagaimana dengan kamu yang masih belum memiliki pasangan? Mulai sekarang, cobalah untuk mencarinya, ya broo. Saat kamu telah menemukan pasangan hidup dan sudah resmi diakui baik secara agama maupun negara, maka perjalanan hidup kamu akan memasuki babak baru. Mengapa Admin mengatakan bahwa ini adalah awal yang baru? Jika sebelumnya kamu selalu bergantung pada orang tua, maka setelah menikah kamu harus mandiri dalam memenuhi kebutuhan keluarga. Bagaimana caranya agar kamu bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan lebih baik? Apa tips untuk hidup hemat yang dapat dilakukan?


Ketika kamu telah menikah, penting bagi kamu untuk bisa menempatkan diri dengan baik. Seorang suami memiliki tanggung jawab sebagai kepala keluarga untuk menyediakan kebutuhan ekonomi bagi keluarganya. Tugas seorang istri adalah menyusun kebutuhan rumah tangga dengan cermat agar semua keperluan terpenuhi hingga akhir bulan. Artikel ini sebenarnya tidak hanya relevan untuk istri saja, tetapi suami juga memiliki peran dalam mengawasi pengeluaran keluarga untuk memastikan keuangan keluarga tetap stabil. Pengelolaan keuangan keluarga yang baik adalah dengan memberikan prioritas kepada kebutuhan utama (primer) daripada kebutuhan sekunder. Ini adalah kunci untuk memiliki keuangan keluarga yang sehat.


Artikel ini berisi tips-tips untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan hemat, khususnya bagi kamu yang sedang memulai kehidupan baru dengan pasangan. Artikel ini disediakan oleh macaseo.com untuk membantu kamu dalam mengatur keuangan secara efisien. Admin telah menerapkan tips ini selama 6 bulan dan hasilnya sangat memuaskan. Jika sebelumnya Admin tidak mengikuti metode ini, seringkali uang habis sebelum bulan berakhir. Dampaknya akan berpengaruh terhadap kehidupan keluarga kamu. Argumen, perasaan yang kuat, bahkan dapat mengakibatkan perpisahan. Mohon perhatikan dengan seksama, tips ini ditujukan kepada para wanita agar tetap mampu mengelola keuangan dalam rumah tangga meskipun pendapatan suami terbatas.


3+ Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga

mengatur Keuangan Rumah Tangga
Macaseo.com


1. Mendata Penghasilan Sebulan


Apabila kamu bekerja di sebuah perusahaan, gaji merupakan pendapatan bulanan yang tetap. Mulailah dengan mengumpulkan total gaji suami dan mungkin gaji istri juga, sehingga dapat mengontrol kebutuhan selama satu bulan. Jika kamu sudah memiliki usaha tetap seperti menyewakan rumah, membuka toko, berjualan online, atau bisnis lainnya, silakan ambil angka rata-rata pendapatan kamu. Setelah mengetahui total pendapatan bulanan keluarga, kamu dapat mulai merencanakan pengeluaran dengan lebih baik.


2. Membuat daftar Pengeluaran Wajib


Biaya tetap yang perlu dikeluarkan dalam rumah tangga termasuk pembelian token listrik, pembayaran tagihan air PDAM, uang saku untuk anak, belanja bahan pokok bulanan, pembayaran BPJS (jika tidak ditanggung oleh perusahaan), cicilan untuk motor, TV, rumah, atau barang lainnya yang bersifat tetap. Setelah menghitung pengeluaran yang tetap, kamu dapat membandingkan antara pemasukan dan pengeluaran. Apakah perbandingan tersebut masih positif atau mungkin justru negatif karena Pengeluaran lebih besar.


3. Menabung untuk kebutuhan mendadak


Berhematlah dengan menabung sehingga kamu memiliki cadangan dana untuk keadaan darurat. Situasi darurat di sini dapat dijelaskan sebagai saat ada anggota keluarga yang jatuh sakit atau mengalami musibah yang tidak diharapkan. Dengan memiliki simpanan uang, kamu dapat dengan mudah mengatasi kebutuhan mendadak tanpa perlu mengajukan pinjaman uang yang akan berdampak pada keuangan keluarga. Dengan menyimpan uang, kamu juga bisa memastikan bahwa anak-anak kamu akan mendapatkan pendidikan yang baik ketika mereka melanjutkan ke perguruan tinggi kelak.


4. Menggunakan dana lebih dengan baik dan bijak


Setelah mengetahui jumlah Total Pemasukan, Pengeluaran, dan Menabung yang telah kamu masukkan ke dalam kategori pengeluaran, apabila terdapat sisa dana, sebaiknya kamu menggunakannya dengan cermat. Dengan bijak Admin ingin mengatakan bahwa penting bagi kamu untuk membeli barang-barang yang diperlukan. Jangan pernah menimbun barang-barang yang sudah kamu punya, seperti pakaian, peralatan rumah tangga, atau barang lainnya. Kamu dapat memanfaatkan uang tambahan tersebut untuk keperluan yang belum terpenuhi atau mengalokasikannya ke dalam Rekening Tabungan kamu.


5. Buat daftar Pengeluaran dan Pemasukan di Ms.Exel


Microsoft Office Excel adalah program yang tersedia di komputer untuk mengorganisir dan membuat catatan keuangan. Jika kamu belum mempunyai komputer atau laptop, kamu masih dapat menggunakan smartphone untuk keperluan tersebut. Tuliskan catatan pendapatan dan biaya setiap bulan agar akuntansi keluarga menjadi lebih transparan. Catatan keuangan dapat disajikan kepada pasangan kamu untuk memastikan transparansi dan kejujuran tetap terjaga dalam hubungan.


Akhir Kata


Apabila kamu dapat menerapkan 3+ Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga, Admin yakin pertikaian mengenai uang antara suami dan istri bisa diminimalisir. Sebagian besar istri enggan untuk menyusun catatan keuangan semacam ini karena dianggap terlalu rumit. Jika kamu tidak mempunyai laptop atau Handphone Android, kamu masih dapat membuat catatan penting di buku catatan khusus (Buat Buku Catatan Rumah Tangga). Begitu, seorang suami akan lebih mempercayakan manajemen keuangan kepada istrinya.


Pasangan suami istri kadang-kadang tidak selalu memberikan seluruh penghasilan kepada pasangan mereka. Tidak jujur terhadap pasangan dapat memiliki konsekuensi serius karena kedua belah pihak akan saling berbohong. Dimulai dari kejujuran istri dalam mengelola keuangan, Admin yakin suami pun akan menjadi jujur dalam memberikan gaji secara penuh, sehingga kehidupan keluarga dapat terpenuhi dengan baik. Selamat mencoba, semoga kamu sukses dalam mengelola keuangan keluarga dengan sukses.


Demikian beberapa informasi mengenai Tips hidup HEMAT dalam mengatur Keuangan Rumah Tangga dari Macaseo.com, Semoga Menginspirasi!