Macaseo.com - Monetisasi sangat berarti bagi banyak pencipta konten, atau yang lebih dikenal sebagai youtuber. Ini memungkinkan mereka untuk menghasilkan uang dari konten yang mereka buat dan membagikannya dengan penonton mereka. Tanpa monetisasi, segala usaha keras yang telah dilakukan sebagai pembuat konten tidak akan menghasilkan apapun. Selain itu, beberapa youtuber telah mengaktifkan monetisasi pada saluran youtube mereka, namun tiba-tiba pihak youtube membatalkan monetisasi atau menonaktifkannya.

Ketika dilarang menggunakan Google AdSense, bagi banyak orang yang bergantung pada penghasilannya, dismonetisasi merupakan masalah yang mengecewakan. Namun, ada alasan di balik masalah dismonetisasi tersebut. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penonaktifan chanel youtube kamu, oleh karena itu disarankan untuk memeriksa hal-hal apa saja yang menyebabkan chanel kamu tidak memenuhi syarat untuk dapat dimonetisasi.

Penyebab Channel Youtube Kena Dismonetisasi Tiba-Tiba

Penyebab Channel Youtube Kena Dismonetisasi
macaseo.com

Tidak Mendapatkan 4000 Jam Tayang Selama Satu Tahun

Kamu harus menyadari bahwa diperlukan 4000 jam tayang tidak hanya saat mendaftarkan channel ke adsense. Namun, aturan tersebut tetap berlaku hingga kapan pun, termasuk ketika saluran kamu sudah memenuhi syarat untuk dimonetisasi. Jika dalam waktu satu tahun, jumlah jam tayang di channel YouTube kamu tidak mencapai target yang ditetapkan, maka secara otomatis monetisasi pada channel kamu akan dinonaktifkan atau disetop.

Agar hal tersebut tidak terjadi, maka kamu perlu benar-benar mengoptimalkan saluran kamu untuk menarik banyak penonton dan menambah jumlah waktu tayang. Ini bisa dilakukan melalui promosi atau mengunggah video terbaru yang berkualitas tinggi.

Video Kamu Melanggar Kebijakan Pedoman Komunitas

Meskipun video kamu telah ada di YouTube untuk jangka waktu yang lama dan pada awalnya tampak aman, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa suatu waktu akan terdeteksi atau dianggap melanggar pedoman komunitas yang ditetapkan oleh YouTube. Hal ini disebabkan oleh kemajuan sistem Youtube yang mampu secara otomatis mendeteksi video yang dianggap melanggar. Jika hal tersebut secara tiba-tiba terjadi pada salah satu video yang sebelumnya diunggah oleh kamu, maka kanal kamu akan menerima peringatan.

Jika akun chanel kamu mendapat peringatan, maka dalam beberapa hari akan dilarang memonetisasi chanel tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa video yang kamu buat dan berencana unggah ke YouTube sudah sesuai dengan standar komunitas dengan benar. Sebelum mempublikasikannya di saluran YouTube, penting untuk melakukan pemeriksaan yang teliti terlebih dahulu.

Video Kamu Tiba Tiba Terkena copyright Dari Pihak Lain

Tindakan ini adalah sesuatu yang umum terjadi di sebagian besar saluran YouTube. Kadang-kadang pada awalnya video itu aman, tetapi suatu hari ada klaim hak cipta dari pihak lain entah itu karena kesalahan sistem atau memang benar pemilik video yang mengklaimnya. Meskipun klaim tersebut dinyatakan tidak memiliki dampak pada akun, namun pasti akan segera di-monetisasi.

Oleh karena itu, penting untuk tidak menggunakan video milik orang lain, bahkan jika telah diubah dengan cara tertentu atau hanya digunakan dalam potongan pendek. Mohon pelajari dari pengalaman channel-channel besar, seperti channel calon sarjana dan ytcrash yang akhirnya dibanned. Oleh karena itu, silakan buat video asli yang kamu hasilkan sendiri agar channel YouTubemu tetap aman dan tidak terkena demonetisasi.

Membuat Konten Ngawur Atau Berita Bohong

Konten ngawur adalah ketika kamu membuat video yang tidak sesuai dengan fakta atau menyesatkan orang lain. Contohnya, jika kamu membuat video berita palsu yang tidak berdasar pada fakta atau informasi yang sebenarnya tidak ada. Kamu dapat membuat konten tutorial, tetapi pastikan tutorial yang kamu buat akurat dan bermanfaat bagi penonton saat mereka mengikuti video tutorial yang kamu bagikan.

Mungkin itu tidak akan menjadi ancaman ketika kamu baru mengunggahnya. Seiring berjalannya waktu, akan ada kemungkinan pihak Youtube mengetahui hal ini, dan bisa dipastikan bahwa saluran yang kamu kelola akan kehilangan monetisasi. Ingatlah bahwa pihak YouTube tidaklah ceroboh seperti yang kita kira. Semua dari mereka adalah programmer yang terpilih.

Pendapatan Youtube Setelah Dismonetisasi

Banyak orang mungkin penasaran tentang bagaimana dismonetisasi memengaruhi pembayaran atau perkiraan penghasilan dari konten YouTube mereka. Apakah pembayaran saldo adsense dilakukan ketika akun channel dinonaktifkan monetisasinya. Hal ini bergantung pada kondisinya.

Situasi ini bergantung pada tanggal yang telah ditentukan. Jika akun YouTube kamu mengalami diskualifikasi monetisasi sebelum tanggal 1 atau setelah tanggal 20, pembayaran dari AdSense tidak akan tertunda dan estimasi pendapatan tidak akan disertakan dalam saldo AdSense.

Apabila akun kamu terkena demonetisasi setelah tanggal 30, perkiraan pendapatan akan ditransfer ke saldo Adsense antara tanggal 10 - 15 dan pembayaran akan dicairkan antara tanggal 20 - 25.

Akhir Kata

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga kanal yang kamu miliki dengan mematuhi kebijakan yang berlaku di platform Youtube agar kanalmu dapat berkembang dan sukses di masa depan sebagai seorang youtuber.

Demikian beberapa informasi mengenai Penyebab Channel Youtube Kena Dismonetisasi Tiba-Tiba dari Macaseo.com, jangan lupa juga ada Cara Dapat Uang dari Tiktok tanpa Jualan Terbaru Kamu Harus Tahu!, semoga bermanfaat!