Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang - Berita baiknya, ternyata ada cara untuk melakukan hal tersebut. Apabila akun Instagram mengalami penghapusan, peretasan, atau kehilangan, kamu dapat memulihkannya dengan langkah-langkah yang spesifik.


Sebelum melakukannya, ada beberapa persyaratan dan kriteria yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu. Dua faktor ini akan menentukan apakah akun Instagram bisa kembali diaktifkan setelah dihapus atau tidak.


Menurut informasi yang terdapat di laman resmi Instagram, ada tiga persyaratan utama untuk memulihkan akun Instagram yang telah terhapus, yaitu:


  1. Akun dihapus oleh diri sendiri, bukan oleh pihak Instagram.
  2. Akun yang sudah dihapus belum melewati waktu 30 hari sejak tanggal penghapusan.
  3. Jika akun Instagram sudah dihapus dan sudah melewati 30 hari sejak penghapusan, maka akun tersebut tidak dapat dipulihkan atau diaktifkan kembali. Karena itu, akun telah secara otomatis dihapus secara permanen oleh sistem Instagram.

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang

Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang
Macaseo.com


Untuk mendapatkan petunjuk tentang bagaimana mengembalikan akun Instagram yang terhapus secara tidak sengaja, silakan ikuti langkah-langkah berikut.


1. Buka Instagram


Pertama, buka aplikasi atau situs Instagram pada smartphone kamu.


2. Lakukan Login Pada Akun yang Ingin Dipulihkan


Kemudian, lakukan login seperti biasanya menggunakan akun yang ingin dipulihkan.


3. Pilih Opsi untuk Mengembalikan Akun


Pesan “Ingin Terus Menggunakan Akun Ini?” akan muncul di layar. Pilih opsi Keluar dari akun dan akun Instagram yang dihapus secara permanen akan otomatis dikembalikan.


Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang karena Diretas


Apabila akun Instagram kamu hilang dan terhapus karena diretas, kamu bisa memulihkannya melalui bantuan Instagram. Ini adalah cara lengkapnya:


  • Pertama, buka situs help.instagram.com
  • Kemudian, pilih menu Privacy & Safety
  • Berikutnya pilih Report Something, lalu Hacked Account
  • Pilih opsi "I Think my account has been hacked", Seudah itu pilih Report it to us.

Setelah melaporkan akun Instagram milik kamu diretas, perhatikan hal berikut ini:


Akun Instagram akan Hilang


Setelah proses di atas selesai, maka akun Instagram yang dilaporkan akan hilang dari kolom pencarian. Jika ada yang mencari, layar akan menampilkan tulisan "pengguna tidak ditemukan".


Cek Email


Untuk mengetahui tanggapan Instagram, periksa kotak masuk pribadi kamu. Instagram akan mengirimkan instruksi lengkap melalui email. Contohnya adalah penulisan nama akun, nama lengkap, dan password pada kertas putih.


Selanjutnya, Instagram akan meminta kamu untuk mengambil foto wajah kamu dengan kertas kosong untuk memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik sebenarnya dari akun tersebut.


Isi Formulir


Instagram juga akan mengirimkan kamu formulir untuk diisi. Lengkapi formulir dengan lengkap dan kirimkan ke Instagram. Setelah 4-7 hari, kemungkinan besar akun Instagram kamu akan pulih dan dapat ditemukan di kolom pencarian.


Akhir Kata


Demikian beberapa informasi mengenai Cara Mengembalikan Akun IG yang Hilang dari Macaseo.com, jangan lupa untuk terus mengikuti update Teknologi terbaru agar tidak ketinggalan hal menarik lainnya, semoga bermanfaat!