Macaseo.com - Bank BRI adalah salah satu dari beberapa institusi keuangan yang menyediakan layanan penukaran mata uang baru. Warga dapat mengunjungi kantor cabang terdekat dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Penukaran mata uang umumnya dilakukan saat uang mengalami kerusakan atau tidak layak untuk digunakan. Agar bisa menukar uang tersebut dengan yang baru, rakyat dapat menuju ke kantor cabang Bank BRI terdekat.

Mengerjakan prosesnya cukup simpel. Pelajari persyaratan serta langkah-langkah untuk menukar uang baru di Bank BRI yang dapat berfungsi sebagai petunjuk dalam penjelasan di bawah ini:

Syarat Tukar Uang Baru di Bank BRI

Cara Tukar Uang Baru di Bank BRI
macaseo.com

Sebelum mengunjungi kantor cabang terdekat atau cabang bank yang menyediakan layanan penukaran uang baru, disarankan agar masyarakat menyiapkan dokumen yang dibutuhkan sebelumnya. Syarat baru untuk pertukaran adalah sebagai berikut:

1. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

2. Buku tabungan

3. Karu ATM

4. Uang lama yang akan ditukarkan dengan uang baru. Terdapat beberapa ketentuan yang harus dipatuhi dalam menukar uang, yaitu:

  • Mengelompokkan uang berdasarkan jenis pecahan dan tahun emisi, disusun searah, dan dipisahkan antara uang Rupiah yang masih layak edar dengan uang tidak layak edar.
  • Jangan memakai pita perekat, lem, lakban, atau klip untuk mengelompokkan atau mengikatkan uang Rupiah.

Bank BRI memiliki aturan terkait dengan jumlah maksimum uang yang dapat ditukarkan. Agar masyarakat dapat mengetahui maksimum uang yang dapat ditukar, mereka dapat menghubungi kantor cabang terdekat untuk mengetahui batas nominal penukaran uang sesuai dengan ketersediaan uang baru.

Saat-saat spesial seperti Lebaran, jumlah maksimum uang baru yang dapat ditukar di bank BRI adalah sebesar Rp3,8 juta.

Cara Tukar Uang Baru di Bank BRI

Bagi kamu yang berencana untuk menukar uang baru di bank BRI, berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan penukaran:

  1. Datang ke kantor cabang Bank BRI yang melayani penukaran uang.
  2. Sampaikan kepada petugas bahwa ingin menukarkan uang baru.
  3. Ikuti arahan petugas.
  4. Mengambil nomor antrian.
  5. Ketika giliran kamu dipanggil ke teller, silakan serahkan uang lama kamu dan lengkapi persyaratan yang diperlukan untuk menukarkannya dengan uang baru.
  6. Teller akan memproses penukaran uang. Kemudian, teller akan memberikan uang yang baru sesuai dengan nilai uang yang ditukar.
  7. Penukaran uang baru telah selesai.

Akhir Kata

Demikian informasi mengenai Cara Tukar Uang Baru di Bank BRI dari Macaseo.com, jangan lupa juga ada 5+ Cara Mengatasi Transaksi Gagal Kode PD 301 BRImo dan Artinya yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat!