Macaseo.com - Mencetak undangan menjadi sebuah bisnis yang diminati saat ini, baik oleh perusahaan besar maupun usaha kecil. Karena keuntungan dalam bisnis mencetak undangan cukup menarik karena penggunaan peralatan semakin terjangkau. Untuk memulai usaha ini, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tinggi untuk membeli mesin cetak khusus, melainkan kamu dapat menggunakan printer cetak sederhana yang harganya terjangkau, yaitu di bawah 1 juta rupiah.


Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis cetak undangan atau ingin belajar lebih lanjut, berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis ini dengan modal skala kecil.


Cara Bisnis Cetak Undangan Untuk Pemula Modal Kecil

Cara Bisnis Cetak Undangan
Macaseo.com


1. Gunakan Undangan Dengan Model Blangko


Undangan bertipe blangko adalah undangan yang sudah tersedia dalam bentuk blangko, sehingga kamu hanya perlu mengedit isi undangan lalu mencetaknya. Jadi dengan jenis kertas blangko ini kamu tidak perlu lagi mencetak kertas kosong yang membutuhkan banyak waktu dalam pengerjaannya.


Dengan cara ini kamu juga tidak perlu menggunakan printer mahal hingga 25 jutaan atau lebih, karena disini kamu hanya perlu mencetak pada text yang diperlukan saja. Dimana kamu bisa mendapatkan contoh surat undangan? kamu bisa membelinya di toko yang menawarkannya di kota kamu.


Jika kamu kesulitan mendapatkannya kamu bisa membelinya secara online di marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak atau toko online lainnya. Model blangko ini banyak sekali, dari yang murah hingga yang mahal. Harga berkisar dari Rp 250 hingga Rp 3000.


2. Membeli Printer Dengan Harga Yang Murah


Soal printer, kamu tidak perlu membeli printer yang mahal, cukup beli printer yang terjangkau untuk kelas undangan dengan template blangko seperti diatas. Karena printer biasa pun mampu mencetak undangan dengan template blangko ini.


Membeli printer seharga 1 jutaan bahkan bisa membeli yang baru dengan fungsi full print, fotocopy, dan scan. Namun jika kamu tidak memiliki cukup uang untuk membeli yang baru, kamu bisa membeli printer bekas dengan harga berkisar antara 300.000 hingga 500.000.


3. Pilih Blangko Dengan Harga Yang Murah


Untuk memulai, kamu tidak perlu membeli blanko yang mahal. Beli saja blanko yang murah, berkisar antara 250 hingga 500 rupiah. Memang saat memulai, kamu belum tentu memesan blangko yang mahal, namun jika pesanan kamu berjalan lancar di kemudian hari, usahakan untuk menawarkan blangko mahal setiap saat sedikit demi sedikit.


Apalagi jika kamu tinggal di pedesaan, masyarakat di daerah tersebut cenderung memilih undangan yang simpel dan murah.


4. Berikan Promo Kepada Pemakai Jasa Cetak Undangan Kamu


Saat memulai, menawarkan promosi atau diskon adalah strategi pertama yang harus diterapkan. Karena dengan promosi ini nama usaha kamu berpeluang menjadi terkenal dan mempunyai reputasi yang baik. Hal ini karena orang yang menerima diskon dari kamu kemungkinan besar akan merekomendasikan usaha jasa kamu kepada teman lain.


Tawarkan diskon yang wajar untuk menghindari kerugian, atau dengan kata lain, jangan mencari keuntungan terlalu tinggi jika kamu baru memulai bisnis.


5. Utamakan Kualitas Pekerjaan Kamu


Kualitas yang baik akan memuaskan mereka yang menggunakan jasa kamu. Dengan cara ini usaha percetakan undangan kamu akan lebih dikenal kualitasnya yang bagus di mata masyarakat. Jadi kamu tidak perlu terburu-buru membuatnya meski pesanannya banyak.


Terus belajar berinovasi dengan mengembangkan kemampuan mengubah layout atau teks badan undangan. Kamu akan bisa belajar sedikit demi sedikit untuk meningkatkan kemampuan kamu dalam menggunakan software Microsoft Office, Photoshop atau Corel Draw.


Akhir Kata


Demikian beberapa informasi mengenai Cara Bisnis Cetak Undangan Untuk Pemula Modal Kecil dari Macaseo.com, semoga bermanfaat!