Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai - Pada zaman yang modern dan berkembang pesat, banyak individu memutuskan untuk menggunakan kartu kredit sebagai pilihan daripada menggunakan uang tunai untuk melakukan segala jenis transaksi. Alasannya adalah karena kemudahannya saat digunakan untuk berbelanja dan melakukan transaksi keuangan lainnya.


Sekarang banyak bank yang bersaing untuk menerbitkan kartu kredit dan setiap bank menawarkan berbagai promosi yang menarik. Ada banyak bank yang menawarkan berbagai kemudahan dan keamanan untuk menarik minat konsumen agar memilih mereka sebagai alat pembayaran yang sesuai.


Sedang mencari pilihan kartu kredit terbaik? Agar kamu mendapatkan informasi yang diperlukan, mari ikuti tips memilih kartu kredit yang sesuai untuk kebutuhan kamu.


Pengertian Kartu Kredit

Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai
Macaseo.com


Kartu kredit merupakan sebuah instrumen pembayaran yang berbentuk kartu seperti kartu debit. Fungsinya adalah sebagai pengganti uang tunai, di mana kartu tersebut dapat digunakan untuk memperoleh berbagai layanan maupun barang di tempat-tempat tertentu yang menyediakan fasilitas tersebut.


Umumnya, lembaga keuangan mengeluarkan kartu kredit untuk memudahkan pemegangnya dalam bertransaksi di tempat-tempat yang menerima pembayaran dengan kartu tanpa perlu membawa uang tunai.


Menurut Wikipedia, credit card juga didefinisikan sebagai metode pembayaran ritel dan fasilitas kredit. Kartu kredit dan kartu debit memiliki perbedaan, di mana kartu kredit digunakan untuk melakukan pembelian dengan uang pinjaman sementara kartu debit digunakan untuk mengakses dana langsung dari rekening bank.


Kartu kredit umumnya memiliki ukuran yang seragam, meskipun dikeluarkan oleh berbagai bank, karena telah diatur sesuai standar ISO 7810. Kartu kredit adalah bentuk uang elektronik yang dikeluarkan oleh lembaga keuangan dan digunakan sebagai sarana pembayaran. Pengguna kartu dapat memanfaatkannya untuk mengakses layanan kredit, dengan opsi untuk mengembalikannya dalam angsuran bulanan atau sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan.


Tips Memilih Jenis Kartu Kredit yang Tepat

Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai
Macaseo.com


Sebelum kamu mengajukan kartu kredit, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan agar kamu dapat memilih kartu yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Untuk itu ikuti sederet tips berikut ini:


1. Melihat kredibilitas bank


Saat kamu memilih kartu kredit, yang perlu diperhatikan adalah memahami latar belakang penerbit kartu tersebut. Jika bank yang menawarkan layanan tersebut memiliki reputasi dan kredibilitas yang terpercaya, maka kamu akan merasa aman dan nyaman dalam menggunakan kartu mereka. Selain itu, manfaat yang diperoleh juga lebih signifikan.


2. Pertimbangkan tingkat keamanannya


Sebelum membuat keputusan, penting untuk mempertimbangkan tingkat keamanannya saat digunakan untuk melakukan transaksi. Sebuah lembaga keuangan yang mengeluarkan kartu kredit yang handal tentu akan memberikan kenyamanan kepada seluruh pelanggannya.


Umumnya, tindakan keamanan ini melibatkan proses mencetak tanda tangan dan memasukkan foto diri ke dalam kartu kredit. Tujuannya adalah untuk mengurangi risiko penyalahgunaan oleh individu yang tidak bertanggung jawab.


3. Pertimbangkan biaya apa saja yang harus dibayar


Sebelum kamu memutuskan untuk mendapatkan kartu kredit, penting bagi kamu untuk mengetahui berbagai biaya yang akan timbul, seperti biaya administrasi, bunga, iuran tahunan, dan biaya lainnya yang harus dibayarkan:


1. Suku bunga tinggi


Kartu dengan tingkat bunga yang tinggi akan sesuai bagi kamu yang sering melakukan pembelian dengan kartu kredit, sehingga kamu dapat segera membayar tagihan pada akhir bulan. Oleh karena itu, semua pengeluaran dapat dipantau dengan cermat.


Walaupun kartu ini memiliki tingkat bunga yang tinggi, tetapi memiliki sejumlah kelebihan seperti tidak ada biaya tahunan, cashback, potongan harga, dan juga memberikan poin reward setiap kali bertransaksi.


2. Suku bunga rendah


Tetapi apabila kamu lebih memilih menggunakan kartu kredit yang menawarkan suku bunga yang rendah, umumnya ini lebih sesuai untuk membayar tagihan atau angsuran dengan jumlah yang minim. Biasanya, kartu ini memerlukan pembayaran tahunan dan jarang memberikan manfaat seperti cashback atau potongan harga.


4. Penawaran diskon yang sedang berlaku


Saat memilih kartu kredit, kamu juga harus mempertimbangkan penawaran diskon atau pengurangan harga yang ditawarkan. Hal ini juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Jika kamu senang berbelanja, disarankan untuk mencari kartu yang menawarkan berbagai diskon yang menguntungkan. Penerbit kartu kredit biasanya bekerja sama dengan sejumlah penjual atau pedagang.


5. Memperhatikan customers service


Penting untuk memperhatikan layanan pelanggan ketika kamu memilih kartu kredit, karena ini sangat vital. Sebagai pelanggan, tentu kita menginginkan layanan yang optimal dari perusahaan penerbit kartu. Salah satunya adalah di dalam bidang pelayanan untuk melakukan transaksi dan layanan pelanggan yang siap menerima keluhan selama dua puluh empat jam.


Jika kamu adalah seseorang yang sibuk dan sering berkomunikasi dengan perusahaan kartu kredit melalui telepon untuk berbagai keperluan. Sangatlah vital untuk dipertimbangkan dengan cermat agar memastikan bahwa bank yang kamu pilih sesuai dengan harapan kamu. Hal ini juga bertujuan untuk persiapan jika pada suatu waktu kamu menghadapi masalah terkait kartu yang digunakan.


Dengan begitu banyak pilihan kartu kredit yang menawarkan berbagai manfaat menarik dan menggoda. Sebagai konsumen, penting untuk membuat pilihan cerdas dan hati-hati dalam memilih kartu kredit yang akan digunakan. Dengan memperhatikan saran-saran yang sudah disampaikan diatas, diharapkan kamu dapat lebih cerdas dalam memilih kartu kredit yang sesuai.


Akhir Kata


Demikian informasi tentang Tips Memilih Kartu Kredit yang Sesuai dari Macaseo.com, jangan lupa untuk terus mengikuti update Finance terbaru agar tidak ketinggalan hal menarik lainnya, Semoga bermanfaat!