Macaseo.com - Mencetak gambar atau dokumen penting adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari oleh siapa pun. Khususnya bagi siswa, mahasiswa, pekerja, karyawan, dan pelaku usaha tertentu, hampir setiap hari mereka membutuhkan layanan ini. Tidak dapat disangkal bahwa mencetak sudah menjadi salah satu kebutuhan yang penting saat ini.


Kehadiran smartphone Android saat ini memang sangat fenomenal. Setiap orang mungkin memiliki satu atau lebih ponsel pintar karena harganya yang sangat terjangkau. Ini membuatnya menjadi barang yang umum dimiliki oleh banyak orang. Ditambah lagi, karena ponsel pintar Android tersebut memiliki banyak fitur yang mendukung kegiatan penggunanya.


Ponsel pintar saat ini tidak kalah dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh laptop atau komputer. Salah satu pilihan yang tersedia adalah untuk mencetak dengan cara yang praktis dan efisien. Dulu, kita hanya bisa menggunakan Gadget untuk mengirim pesan lewat MMS, SMS, dan telepon saja.


Sekarang, tidak mengherankan bahwa smartphone canggih bisa digunakan untuk bekerja, menyimpan, mengedit pekerjaan kita, bahkan mencetaknya. Banyak fungsi yang dapat dimanfaatkan di smartphone untuk membantu orang dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka.


Terutama ini sangat pas dan mudah digunakan bagi kamu yang sedang dalam keadaan darurat untuk segera mencetak, jika menggunakan komputer atau laptop pasti cukup merepotkan dan membutuhkan banyak waktu.


Solusinya sangat praktis. Mungkin bagi kamu, menyimpan, mengedit, dan membuat lembar kerja di Android mudah, tetapi bagaimana dengan mencetak langsung dari HP Android kamu. Semua ini dapat dilakukan dengan mudah, dengan bantuan alat cetak atau printer terbaik kamu dapat mendapatkan hasil cetakan yang diinginkan.


Pilihlah jenis media cetak yang sesuai menurut kamu, contohnya Canon, Epson, HP, Brother, Dell, Lexmark, Fuji Xerox, Samsung, serta merek lainnya yang banyak tersedia di pasaran. Bagaimana dengan petunjuk dan metodenya. Mari simak ulasan dibawah ini sampai akhir ya:


Cara ngePrint melalui HP Android dengan mudah

Cara ngePrint melalui HP Android
Macaseo.com


Ada beberapa langkah untuk menghubungkan ponsel Android kamu dengan printer. Kamu hanya perlu memilih opsi mana yang ingin digunakan untuk menghubungkan perangkat, apakah melalui Kabel USB, Bluetooth, atau koneksi Wifi. Jika printer kamu belum di sharing, disarankan untuk menggunakan koneksi kabel USB. Cukup menghubungkan HP dengan printer melalui kabel USB, karena opsi "Print" atau "Cetak" sudah tersedia di dalam Smarphone kamu.


Salah satu cara yang lebih mudah dan efisien daripada menghidupkan komputer lain adalah dengan memanfaatkan Fitur Cloud Print, atau menggunakan aplikasi populer seperti PrinterShare Premium. Bagaimana caranya? kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu di layanan Google Play Store atau App Store. Kamu bisa mendapatkannya tanpa biaya dan sangat menguntungkan karena didukung oleh banyak printer terkenal di Indonesia. Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:


  1. Setelah menyelesaikan penginstalan PrinterShare Premium, nyalakan fitur Wifi di HP kamu dan hubungkan Wifi dengan printer yang sudah terhubung. Setelah itu, silahkan buka aplikasi PrinterShare Premium tersebut.
  2. Setelah kamu membuka aplikasi, silakan pilih opsi "Pinter Select" yang terletak di pojok kanan bawah layar. Setelah itu, pilihan "Select Printer" akan muncul, Klik "Nearby Wifi", Sabarlah sampai printer selesai melakukan proses pemindaian, lalu pilih printer yang ingin kamu gunakan.
  3. Kemudian, di bagian berikutnya, akan ada pemberitahuan yang bertuliskan "User Action Required". Di bagian ini, pilih opsi "Use Generic". Silakan klik tombol "Yes" untuk mengunduh peramban tersebut. Tunggu sebentar sampai ada pemberitahuan "Congratulation! Your Printer is Configured ready". Silakan lanjutkan dengan memilih opsi "Skip".
  4. Kemudian kembali ke layar utama dalam aplikasi Printershare. Silahkan tekan opsi "Documents". Setelah itu, pilih opsi "Penyimpanan Internal" atau "Kartu SD" (Pilihan ini tergantung pada lokasi penyimpanan file yang akan dicetak). Kemudian, tentukan dokumen yang ingin dicetak dari file yang tersedia.
  5. Setelah kamu memilih dokumen, langkah berikutnya adalah diarahkan ke notifikasi yang meminta kamu untuk mengunduh pratinjaunya. Pilih opsi "Yes" dan tunggu sampai proses unduhan selesai.
  6. Jika kamu telah melihat File Preview dan merasa puas dengan tampilannya, kamu dapat langsung memilih opsi "Print" dan kemudian tentukan jumlah lembar yang ingin dicetak. Proses pencetakan dimulai sekarang, jadi kamu hanya perlu menunggu hingga proses selesai.

Akhir Kata


Gampang bukan? Memang perlu beberapa langkah dan opsi menu, tetapi setelah kamu mengetahui caranya, kamu akan bisa melakukannya dengan mudah dan cepat. Mencetak dokumen, file, gambar, atau foto melalui koneksi wifi ini sangat memudahkan untuk mencetak dari berbagai jenis printer yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, berbagai jenis file dapat dicetak dengan mudah, termasuk PDF, MS Office, PS, rtf, halaman web, dan lainnya. Jangan cemas, kamu bebas mengakses pencetakan di mana pun kamu berada.


Nah itulah beberapa informasi mengenai Cara ngePrint melalui HP Android dengan mudah dari Macaseo.com, jangan lupa untuk terus mengikuti update Teknologi terbaru agar tidak ketinggalan hal menarik lainnya, semoga bermanfaat!