Cara Mengetahui dan Menghindari Phising - Saat ini, game online untuk komputer dan smartphone android sedang menjadi tren yang sangat populer. Semua orang bersaing untuk mencapai posisi yang tinggi. Tidak jarang juga ada banyak orang atau anak-anak yang tidak memiliki rasa malu yang sangat ingin mendapatkan akun dengan peringkat yang tinggi segera, yaitu dengan cara melakukan penipuan.

Para pelaku bisnis online juga seringkali melakukan tindakan penipuan melalui email. Contohnya, jika kamu memiliki akun Google AdSense, ada kemungkinan seseorang akan mencoba mendapatkan akun kamu secara gratis. Mereka akan mengaku sebagai pihak Google AdSense dan meminta password akun kamu melalui email. Jika kamu memberikannya, akun milik kamu akan segera diretas oleh pelaku penipuan.

Saat ini, berbagai macam penipuan semakin menjadi-jadi di dunia maya, sungguh sedih melihat bagaimana para penipu berusaha untuk memanfaatkan orang lain demi keuntungan pribadi. Dan itulah apa yang dikenal sebagai tindakan phising.

Salah satu jenis phising yang banyak digunakan adalah phising untuk mendapatkan informasi akun Facebook. Seseorang yang tidak jujur membuat sebuah situs web yang sangat menyerupai situs facebook, dan jika kamu tidak berhati-hati kamu akan memberikan email dan password milik kamu, setelah itu akun kamu tentu saja akan hilang jika kamu tidak segera mengganti kata sandi Facebook-mu.

Cara Mengetahui dan Menghindari Phising

Cara Mengetahui dan Menghindari Phising
macaseo.com

Di artikel ini, Macaseo.com akan mengupas tentang phising dan strategi yang efektif untuk melawannya. Jika kamu merupakan penggemar COC yang aktif dan juga suka mendapatkan barang-barang secara gratis, pastinya kamu sering mencari di Google dengan kata kunci "gems COC gratis". Hasil pencarian akan menunjukkan banyak situs yang membahas tentang cara mendapatkan gems COC secara gratis. Banyak situs juga dapat mengarahkan sobat ke situs phising yang berbahaya.

Jika kamu tertarik dan memasukkan informasi akun COC milik kamu, orang yang melakukan phising akan segera mendapatkan informasi akun pribadi kamu. Jika kamu tidak segera mengambil tindakan, akunmu bisa lenyap.

Bagaimana Ciri-Ciri Situs Phising Seperti Itu?

Dibawah ini terdapat beberapa tanda-tanda phising yang perlu diketahui agar terhindar dari situs dan email yang tidak aman:

1. Perhatikan Domain Situs

Sebuah situs yang terpercaya pasti menggunakan domain tingkat atas seperti . com, net, dan sejenisnya Namun, terdapat banyak kasus phising yang menggunakan domain gratis. Jika kamu terjerat dalam upaya phising terhadap situs Facebook, pastikan untuk memeriksa domainnya dengan cermat. Hal ini karena situs resmi Facebook tidak akan menggunakan domain yang tidak lazim.

Seperti halnya situs phising lainnya, kamu hanya perlu memeriksa apakah alamat situs itu terpercaya atau tidak. Jika tidak, sebaiknya hindari untuk mengikutinya.

Pastikan situs tersebut menggunakan SSL agar ketika kamu membukanya, address bar nya akan dimulai dengan https bukan hanya http. Situs yang sudah menggunakan SSL telah terverifikasi keamanannya, sehingga kamu dapat merasa lebih aman.

2. Untuk Email Phising, Perhatikan Alamat Email Pengirim

Situs yang terkenal pasti akan menggunakan email profesional dan juga layanan premium. Apabila kamu menerima pesan dari seseorang yang mengaku sebagai perwakilan Google dan meminta kamu untuk memberikan sandi email, pastikan untuk memeriksa alamat emailnya. Pastikan bahwa alamat emailnya berakhir dengan domain google. com, karena semua layanan resmi dari Google akan menggunakan domain tersebut.

Jangan mudah percaya pada email yang mencurigakan. mirip dengan alamat email adsense-noreply@google. com Jangan percaya pada email yang bukan berasal dari domain @google. com karena hal ini dapat mengakibatkan akun kamu diretas atau disusupi pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Tampilan Situs

Apabila diperhatikan, situs yang asli akan menunjukkan beberapa perbedaan dengan situs phising. Situs asli selalu menyajikan informasi lengkap tentang pemiliknya, sementara situs phising hanya situs palsu yang tidak berani menampilkan informasi lengkapnya.

4. Kepopuleran Situs

Situs yang memiliki reputasi baik pastinya akan populer di kalangan pengguna internet, dan jika kamu mencari informasi tentang situs-situs tersebut di mesin pencari, kamu akan menemukan banyak hasil yang berkaitan dengan situs professional tersebut.

Jika ada situs yang melakukan penipuan atau phishing, kemungkinan besar tidak akan ada ulasan yang positif tentangnya. Jika memang ada ulasan positif, bisa jadi ulasan tersebut hanya ditulis oleh pemilik situs phising sendiri.

Ada beberapa tanda-tanda yang perlu dihindari yang menandai situs phising. Jika kamu menemukan situs atau email yang disebutkan di atas, segera hindari.

Setelah kamu mengetahui tentangnya, bagaimana cara untuk menghindarinya. Salah satu cara yang efektif adalah dengan mengenali ciri-ciri situs phishing yang telah disebutkan sebelumnya.

Tips untuk Menghindari Phishing

Cara Mengetahui dan Menghindari Phising
macaseo.com

1. Jangan Memasukkan Data Lengkap

Agar tidak menjadi korban penipuan melalui phising, hindarilah memberikan informasi akun lengkap seperti alamat email dan password. Situs yang terjamin hanya meminta pengguna untuk masuk dengan menggunakan ID, bukan dengan memasukkan kata sandi dan alamat email.

2. Jangan Cepat Tergiur

Perlu diingat agar tidak terburu-buru merespon ajakan dari orang yang baru dikenal untuk mengikuti metode atau program yang menjanjikan peningkatan atau lainnya untuk akun kamu yang mencurigakan, karena orang yang baru dikenal tersebut sebaiknya tidak dipercayai dengan tawaran yang bersifat gratis.

Akhir Kata

Demikian sederet informasi tentang Cara Mengetahui dan Menghindari Phising dari Macaseo.com, jangan lupa juga ada Cara Mengatasi U904 Endpoint Error BSI Mobile Terbaru yang perlu kamu ketahui, semoga bermanfaat!