Cara mengembalikan chat WA yang terhapus yakni salah satu fitur utama yang menjadi keunggulan dari aplikasi pesan WhatsApp atau WA. Kehadiran fitur ini membuat pengguna dapat dengan mudah mengembalikan atau memulihkan percakapan yang telah terhapus, entah disengaja atau tidak sengaja.


Sebagai pengetahuan tambahan, WhatsApp atau WA, ialah aplikasi pesan instan lintas platform yang dapat diunduh secara gratis dan diperuntukkan bagi pengguna smartphone. Aplikasi ini dapat memfasilitasi pengguna untuk mengirim pesan tanpa biaya pulsa, karena aplikasi ini beroperasi melalui koneksi internet. Aplikasi WA memiliki berbagai fitur menarik yang dapat digunakan oleh pengguna seperti panggilan video, pembuatan grup, pengiriman pesan, foto, dan video.


Seiring berjalannya waktu, WhatsApp terus mengembangkan fitur-fiturnya, termasuk kemampuan untuk menyimpan pesan-pesan yang sudah dihapus dalam waktu yang lama. Bagaimana caranya untuk mengembalikan pesan yang terhapus di WhatsApp. Yuk, ikuti ulasan dari Macaseo.com berikut ini sampai akhir ya:


Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus
Macaseo.com


Terdapat beberapa metode untuk memulihkan pesan WhatsApp yang sudah terhapus. Salah satunya, pengguna dapat membuat salinan data mereka di Google Drive.


Fitur penyimpanan data ini bermanfaat untuk menampung pesan di WhatsApp. Pengguna memiliki kemampuan untuk membuat salinan pesan yang telah dihapus saat berpindah smartphone atau melakukan instal ulang aplikasi WhatsApp.


Terdapat pula aplikasi yang dapat memulihkan percakapan atau pesan yang telah dihapus. Untuk informasi lebih detail, di bawah ini dijelaskan langkah-langkah untuk memulihkan pesan WhatsApp yang telah terhapus.


1. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di Smartphone Android


Pesan-pesan whatsapp yang sudah terhapus dapat dipulihkan jika kamu telah melakukan cadangan chat sebelumnya. Salah satu cara untuk membuat salinan pesan WhatsApp di smartphone Android adalah menggunakan layanan Google Drive.


Kamu dapat mengaktifkan cadangan percakapan sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan, seperti setiap hari, setiap minggu, dan setiap bulan. Berikut adalah petunjuk untuk memulihkan pesan WhatsApp di perangkat Android:


  1. Uninstall aplikasi WhatsApp untuk sementara
  2. Install kembali WhatsApp, masukan nomor telepon
  3. Pilih opsi "Pulihkan" untuk memulihkan chat yang tersimpan di Google Drive.
  4. Begitu proses selesai, ketuk opsi “Lanjut”
  5. Chat berhasil dipulihkan

2. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus di iPhone


Secara khusus untuk pengguna iPhone, Apple menawarkan layanan iCloud sebagai tempat untuk menyimpan cadangan semua informasi dan dokumen, termasuk riwayat chat di aplikasi WhatsApp. Jika kamu telah membuat cadangan pesan menggunakan iCloud, kamu dapat dengan mudah mengembalikan chat yang telah terhapus secara tidak sengaja.


Inilah langkah-langkah untuk memulihkan chat WhatsApp melalui iCloud di iPhone:


  1. Uninstall aplikasi WhatsApp dulu
  2. Install kembali WhatsApp dan login seperti biasa.
  3. Pilih “Restore” atau “Pulihkan Chat”
  4. Sistem akan mengunduh file pesan yang tersimpan di iCloud.
  5. Setelah proses selesai, semua chat telah kembali ke kondisi awalnya.

3. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Via iMyFone ChatsBack


Aplikasi iMyFone ChatBack memungkinkan pengguna untuk mengakses chat yang telah dihapus di aplikasi WhatsApp tanpa memerlukan backup obrolan. Aplikasi ini mampu mengembalikan pesan WhatsApp yang telah dihapus.


Kamu dapat mengembalikan pesan WhatsApp dari memori internal ponsel pintar, Google Drive, dan iTunes. Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan pesan WhatsApp yang telah terhapus di iMyFone ChatsBack pada perangkat Android.


  1. Instal aplikasi iMyFone ChatsBack di komputer.
  2. Jalankan aplikasi sampai muncul menu utama.
  3. Sambungkan perangkat ponsel ke komputer.
  4. Silahkan pilih opsi Recover WhatsApp Data from Device Storage untuk menemukan data yang telah dihapus dari penyimpanan internal smartphone.
  5. Kamu juga dapat memilih untuk menyimpan cadangan data menggunakan iTunes dan Google Drive.
  6. Tunggu aplikasi melalui pemindaian data.
  7. Perangkat android terdapat verifikasi untuk izin permisi dari ChastBack.
  8. Verifikasi akan dikirim melalui pesan teks untuk menginputkan kode ke dalam aplikasi ChatsBack. Setelah itu, Preview Chat akan muncul untuk memulihkan data.
  9. Tekan tombol Recover to Device untuk mendapatkan kembali chat-chat yang hilang.

4. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Via WhatsApp Mod


WhatsApp mod adalah versi modifikasi yang berasal dari WhatsApp resmi. Aplikasi ini dapat dipasang pada perangkat Android. Modifikasi WhatsApp menyajikan kemampuan yang mirip dengan aplikasi aslinya serta tambahan fitur yang unik.


Fitur anti hapus pesan telah disediakan oleh aplikasi WA mod. Fungsi ini memungkinkan pengguna untuk melihat chat yang telah dihapus oleh pengirimnya.


5. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Via Aplikasi Dr. Fone

Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus
Macaseo.com


kamu bisa mengirim pesan melalui WhatsApp dari smartphone Android ke iPhone atau sebaliknya dengan mudah. Berikut langkah-langkah untuk memulihkan chat WhatsApp menggunakan aplikasi Dr. Fone.


  1. Download software Dr. Fone di komputer atau laptop.
  2. Instal terlebih dahulu Jalankan aplikasi Dr.Fone.
  3. Hubungkan perangkat android atau iOs ke komputer.
  4. Pilih menu Transfer WhatsApp > WhatsApp > Transfer pesan WhatsApp.
  5. Jika perangkat ponsel terdeteksi, klik "Transfer" untuk mengirimkan pesan di HP.
  6. Tunggu sampai proses transfer pesan selesai.
  7. Setelah menyelesaikan prosesnya, kamu dapat mentransfer pesan WhatsApp dari smartphone Android ke iPhone.

6. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Via Cadangan Lokal


WhatsApp menyimpan data di dalam penyimpanan internal atau kartu SD smartphone Android. Kamu dapat melakukan pengiriman file dengan menggunakan komputer, kartu memori SD, dan penjelajah file.


Cadangan lokal akan secara otomatis melakukan cadangan data setiap hari pada pukul 02. 00 dini Kemudian disimpan di memori HP.


Berikut langkah-langkah untuk back up pesan di cadangan lokal:


  1. Buka aplikasi Manajer File di HP Android.
  2. Pilih folder Penyimpanan Internal atau Kartu SD.
  3. Klik aplikasi WhatsApp > Database Atau /sdcard/WhatsApp/.
  4. Pasanglah aplikasi WhatsApp dan lakukan proses verifikasi nomor telepon di smartphone.
  5. Tekan tombol pulihkan untuk memulihkan chat dan media dari cadangan lokal.

7. Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus Via File Manager


Kamu bisa untuk mengembalikan chat yang sudah lama terhapus. Cara yang harus dilakukan masih menggunakan aplikasi manajemen file. Salah satu cara untuk memulihkan pesan WhatsApp yang telah dihapus secara permanen yakni sebagai berikut:


  1. Pada aplikasi pengelola file, pilihlah opsi untuk menuju penyimpanan lokal atau kartu SD.
  2. Pilih WhatsApp
  3. Cari file “Database”
  4. Silahkan ganti nama file cadangan yang ingin kamu pulihkan dari msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12.
  5. Cadangan yang telah ada lebih lama memiliki nama protokol yang lebih lama juga, misalnya crypt9 atau crypt10. Jangan mengubah nomor ekstensi crypt.
  6. Uninstall WhatsApp
  7. Pasang kembali aplikasi WhatsApp dan masuk dengan nomor teleponmu, kemudian pilih "Restore"

Tips Penting


  1. Selalu aktifkan fitur cadangan otomatis.
  2. Jangan menunda pencadangan, karena kamu tidak pernah tahu kapan kamu akan memerlukannya.
  3. Pertimbangkan kebijakan privasi dan keamanan sebelum menggunakan perangkat lunak pihak ketiga.

Akhir Kata


Mengembalikan chat WA yang terhapus dapat menjadi tugas yang cukup mudah jika kamu telah menyiapkan cadangan terlebih dahulu. Google Drive dan cadangan lokal adalah pembantu terbaik dalam situasi ini, sementara kurangnya backup mengharuskan kamu untuk menggunakan metode lain yang mungkin tidak dijamin keberhasilannya. Penting untuk menjaga agar cadangan selalu up to date untuk menghindari kehilangan pesan penting di masa depan.


Demikian informasi mengenai Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus dari Macaseo.com, jangan lupa untuk terus mengikuti update Teknologi terbaru agar tidak ketinggalan hal menarik lainnya, semoga bermanfaat!