Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan - BPJS Kesehatan merupakan salah satu layanan yang diberikan BPJS kepada masyarakat untuk menunjang masyarakat dalam mengelola kesehatannya. Keberadaan layanan kesehatan BPJS membantu masyarakat Indonesia khususnya secara finansial.


Namun untuk memperolehnya, kamu harus membayar biaya rutin bulanan. Jika kamu tidak membayar biaya yang diperlukan dengan tidak tepat waktu, keanggotaan kamu mungkin mendapat masalah.


Kini ada beberapa Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan secara online bagi yang penasaran dengan kepesertaannya. Simak sampai akhir:


Cek keanggotaan Via BPJS Checking

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan
Macaseo.com


BPJS Checking adalah layanan verifikasi online yang disediakan di situs resmi BPJS. Cara yang bisa kamu ikuti untuk mengetahui status kepesertaan BPJS kesehatan kamu adalah sebagai berikut:


  1. Kunjungi website berikut https://register. bpjs-kesehatangoid/bpjs-checking/
  2. Lengkapi formulir di halaman verifikasi BPJS checking.
  3. Klik pada opsi OK untuk melanjutkan proses verifikasi.
  4. Setelah proses selesai, kamu dapat melihat berbagai informasi tentang status keanggotaan kamu saat ini. Di bagian bawah halaman, kamu dapat melihat jumlah yang kamu bayarkan setiap bulan serta batas waktu kontribusi.

Cek keanggotaan Via Call Center


Cara Cek Kepersertaan BPJS Kesehatan secara online selanjutnya adalah dengan menghubungi call center BPJS yang biasa disediakan.


Nomor yang dapat kamu hubungi untuk terhubung dengan layanan pelanggan BPJS Kesehatan adalah 1500 400.


Setelah terhubung dengan layanan pelanggan, kamu dapat langsung menyatakan keinginan kamu untuk memverifikasi status keanggotaan kamu.


Siapkan nomor KTP dan nomor BPJS Kesehatan kamu sebelum menghubungi call center. Pasalnya bagian layanan pelanggan akan meminta digunakan untuk mencari data anggota di sistem.


Kamu dapat menghubungi nomor call center BPJS Kesehatan kapan saja karena mereka menyediakan layanan 24 jam.


Cek keanggotaan Via SMS gateway


Apabila kamu tidak dapat menggunakan website BPJS Kesehatan dan menghubungi call center, kamu tetap dapat mengecek status kepesertaan melalui SMS gateway.


Kamu dapat memilih beberapa format SMS, antara lain:


  1. NIK (spasi) Nomor Kependudukan, lalu kirim ke 087775500400
  2. NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan, selanjutnya kirim ke 087775500400
  3. NIP (spasi) Nomor Induk Kepegawaian, kemudian kirim ke 08777550044

Cek keanggotaan Via aplikasi mobile BPJS Kesehatan


Langkah Akhir untuk Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan secara online adalah melalui aplikasi mobile bernama JKN-KIS BJPS Kesehatan.


Kamu dapat menginstal aplikasi ini melalui Play Store atau App Store, semudah aplikasi kebanyakan. Ini panduan pengecekannya:


  1. Setelah aplikasi terinstal di android milikmu, buka aplikasi tersebut. Login sekarang jika sudah mendaftar, jika belum daftar terlebih dahulu.
  2. Isi semua informasi pada formulir pendaftaran lalu klik Daftar.
  3. Buka email yang kamu register, lalu salin kode verifikasi dan masukkan ke dalam aplikasi.
  4. Klik pada opsi Verify untuk memverifikasi.
  5. Kamu akan langsung mengakses menu utama aplikasi setelah melakukan verifikasi.
  6. Pilih opsi Peserta untuk mengetahui status kepesertaan BPJS Kesehatan kamu.
  7. Di menu ini kamu dapat melihat informasi keanggotaan lengkap beserta nominal biaya per bulannya.

FAQ


1. Bagaimana Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan untuk PNS?


Sebenarnya cek kepesertaan BPJS kesehatan PNS juga bisa dilakukan secara online dengan cara di atas. Namun cara pertama hanya diperuntukkan bagi peserta non-karyawan/peserta mandiri.


Silakan gunakan metode 2, 3 atau 4 untuk mencari informasi tentang status, jenis partisipasi dan jumlah anggota yang berpartisipasi.


Mengenai pengaktifan iuran, belum ada informasinya karena pembayaran iuran dilakukan secara otomatis dengan memotong gaji PNS.


2. Bisakah Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Online dengan NIK?


Caranya melalui layanan SMS gateway dengan memasukkan NIK Nomor Kependudukan dan mengirimkannya ke 0877-7550-0400. Cara ini khusus ditujukan bagi para wiraswasta/self-employed.


3. Bagaimana Cara Cek Kepersertaan BPJS Kesehatan Online Perusahaan?


Teruntuk hal ini akan dibahas pada bagian pembahasan BPJS Ketenagakerjaan.


4. Bagaimana Langkah Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan online peserta penerima upah?


Mirip dengan cara diatas namun hanya menggunakan cara 2, 3 atau 4 saja.


Itulah informasi mengenai Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan online dari Macaseo.com, jangan lupa untuk terus mengikuti update Teknologi terbaru agar tidak ketinggalan hal menarik lainnya, semoga bermanfaat!